5 Wisata Mistis di Banyuwangi Yang di Duga Sebagai Lokasi KKN di Desa Penari

Gresik Post - Efek viralnya kisah horor tersebut lantas membuat semua orang mencari tahu tentang Banyuwangi. Mulai dari budaya tarian, hutan-hutan hingga tempat wisata yang lokasinya dianggap sebagai lokasi KKN di Desa Penari.

Banyak hutan yang disebut oleh netizen, mulai dari Alas Purwo, Alas Gumitir, Hutan Djawatan, sampai Rowo Bayu yang berada di tengah hutan. Padahal tempat-tempat itu kini sudah terbuka menjadi tempat wisata.

Daripada mengaitkan semua lokasi menjadi cerita horor , kamu bisa mencoba menjelajahi wisata yang dianggap mistis tersebut untuk menguji nyalimu. Berikut 5 wisata mistis di Banyuwangi, Jawa Timur yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019).


Wisata Rowo Bayu adalah destinasi wisata hutan dan danau asri. Wisata ini terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Wisata Rowo Bayu
Photo by @mbahfandy_1992
Di Banyuwangi tersimpan kepingan misteri sejarah Kerajaan Blambangan yang merupakan sebuah kerajaan Hindu terakhir di Pulau Jawa.Konon, Rowo Bayu menjadi tempat favorit untuk bermeditasi pada masa Prabu Tawang Alun.

Rowo Bayu juga erat dengan nilai sejarah. Kini, selain sebagai destinasi wisata alam, tempat ini juga menjadi wisata spiritual. Tidak jarang pengungung yang datang dengan melakukan spiritual di sekitar petilasan Prabu Tawang Alun.

2. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo merupakan hujan hujan dataran rendah dengan rata-rata curah hujan 1.000-1.500 ml per tahun. Alas Purwo terkenal karena memiliki pesona pantai yang asyik untuk berselancar.

Alas Purwo
Photo by @mujiianto
Tak hanya itu, Alas Purwo juga dikenal sebagai hutan paling angker di Jawa. Tempat ini dulunya adalah tempat berkumpulnya para jin. Bahkan beberapa paranormal menuturkan terdapat kerajaan jin di sana.

Tak jarang para penduduk melihat penampakan seperti genduruwo hingga kuntilanak. Banyak cerita bahwa pohon-pohon yang tumbuh di Alas Purwo, terkadang menimbulkan masalah. Misalnya seperti membuat tersesat atau diculik oleh jin.

3. Keraton Macan Putih
Keraton Macan Putih adalah salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan wisata bersejarah.

KeratonMacanPutihbanyuwangi

Tak hanya itu, wisata Keraton Macan Putih juga menyimpan cerita mistis yang dapat menguji nyali kamu. Terletak di Kecamatan Kabar, tempat wisata ini beberapa abad lalu digunakan sebagai ibukota Kerajaan Blambangan. 

Penduduk sekitar menganggapnya sakral karena dipercaya sebagai tempat Prabu Tawang Alun muksa atau menghilang kembali ke sisi Tuhan dan yang tertinggal hanyalah seekor macan putih gaib sebagai penjaga tempat ini.

4. Goa Istana, sebagai tempat semedi Bung Karno bertemu Nyi Roro Kidul
Wisata Goa Istana menyimpan banyak kisah misteri yang akan membuatmu merinding. Goa yang berada di Alas Purwo ini dulu dijadikan tempat semedi Bung Karno.

Goa Istana
Photo by @kimasjangkung
Goa Istana, bukan tempat pertapaan biasa. Di goa inilah Bung Karno bertemu dengan Nyi Roro Kidul sang penguasa Laut Selatan. Menurut beberapa paranormal, goa ini dijaga oleh dua prajurit dan dipercata sebagai pusat dunia gaib Alas Purwo.

5. Watu Dodol
Wisata Watu Dodol dulunya adalah sebuah bunker milik Jepang yang dijadikan tempat untuk mengintai kapal-kapal milik musuh. Katanya, di dalam bunker terdapat lorong gelap yang bisa menembus ke Alas Purwo yang menghubungkan ke dunia gaib.

Watu Dodol
Photo by @arifrozi
Selain itu, Patung Gandrung yang ada di bagian atasnya sering terlihat bergerak dan menari saat malam hari. Ada sebuah sumur kecil yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Sunan Giri. Tak hanya itu, dulu di tempat ini ada seorang dukun yang digantung hidup-hidup.

Belum ada Komentar untuk "5 Wisata Mistis di Banyuwangi Yang di Duga Sebagai Lokasi KKN di Desa Penari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel