Sejarah Singkat Sengkuni

Gresik Post - Nama di atas merupakan salah satu tokoh pewayangan dalam kisah cerita Mahabarata yang tersohor itu. Ayahnya bernama Subala sedang ibunya Dewi Sudarma.

Sejarah Singkat Sengkuni

Kedua orang tuanya menamai Sengkuni kecil dengan (Harya) Suman, karena disamping tampan Suman sudah nampak bakat bertutur kata santun, luwes berbicara, dan ekspresi wajahnya meyakinkan.

Ketika usia muda dan beranjak remaja Raden Suman merupakan bagian dari bala Kurawa. Tutur katanya yang bagus nan santun itu Suman begitu disukai saudara-saudaranya dalam Kurawa dan juga keluarga Pandawa. Tak ketinggalan para begawanpun tertarik dengan gaya bicaranya.

Merasa bisa diterima siapa saja terutama keluarga Kurawa dan Pandawa, mulailah ia membuat siasat untuk kepentingan dirinya sendiri dengan memelintir ucapan keluarga Pandawa kepada Kurawa seolah-olah Pandawa telah melecehkan dan merendahkan Kurawa. 

Tujuannya, bila terjadi perang Kurawa dengan Pandawa, ia bisa merebut Kerajaan Indraprastha dari Pandawa dengan mudah.
Ternyata perang Kurawa melawan Pandawa terjadi juga yang terkenal dengan perang "bratayudha". Dalam peperangan yang memakan banyak korban itu, salah satunya Raden Abimanyu, tiba-tiba muncul Patih Gandamana dari Kerajaan Indraprastha mengabarkan telah terjadi kesalahfahaman di antara Kurawa dan Pandawa.

Biang keladinya adalah Raden Suman yang telah membalikkan fakta dan memelintir ucapan Pandawa. Ditangkapnyalah Suman lalu ditampar dan disobeklah mulutnya.

Hingga ia dijuluki "Sengkuni"yang merupakan kependekan dari kata SEneNGane ngaKU-ngaku lan asal muNI yang berarti kesukaannnya mengaku-ngaku dan asal bicara. Dengan demikian sosok Sengkuni menggambarkan watak dan perilaku manusia culas.

Tampangnya bagus,  sopan,  dan pintar namun dibalik itu ia penipu dan penghancur demi kepentingannya.

Dalam lakon pewayangan tampak tokoh Sengkuni sedikit robek pada mulutnya sebagai simbol orang yang tidak bisa dipercaya omongannya.

(Loemaksono - Persada)
Tokoh Pewayangan Sengkuni

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat Sengkuni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel