Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Gresik Post - Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

5 Nasi Krawu Paling Enak di Gresik 

1. Nasi Krawu Bu Tiban
Pencinta kuliner tentunya gak pernah melewatkan nasi krawu yang khas satu ini. Pasalnya, sepiring nasi krawu dengan alas daun pisang di kedai Bu Tiban memberikan sensasi bumbu yang sedap dan gurih. Berlokasi di Jalan Veteran Nomor 118, Sidomoro, Gresik, ternyata kedai ini buka 24 jam. Sehingga siap menyuguhkan nasi krawu di jam-jam kritis kelaparan. Mantap!

2. Nasi Krawu Bu Rida
Berlokasi di Jalan Samanhudi Nomor 47-49, Pekelingan, Gresik, nasi krawu Bu Rida dikenal dengan rasa daging sapinya yang empuk dan beraroma. Selain itu, pelengkap serundeng gak pernah ketinggalan di sepiring lezatnya nasi krawu Bu Rida. Jika berencana ke kedai ini, siap-siap dikagetkan dengan ramainya pengunjung setiap jam-nya ya, guys!

3. Nasi Krawu Bu Azza
Kedai Bu Azza dikenal dengan nasi krawu yang memiliki kuah kaldu dari rebusan daging dan bikin lidah bergoyang. Rasanya kuah kaldu ini sangat gurih, segar, dan sedap. Potongan daging sapi dan serundeng di atas sepiring nasi krawu Bu Azza menjadi kesukaan para pengunjung lho. Nah, tunggu apalagi? Yuk mampir ke alamat Jalan Panglima Sudirman Nomor 83A, Gapurosukolilo, Gresik.

4. Nasi Krawu Mbuk Su
Akrab dengan nama Mbuk Su, ternyata nama ini merupakan berasal dari nama Bu Sufayyah. Resep turunan dari Bu Sufayyah ini ternyata menjadi legenda nasi krawu di Gresik. Tidak diragukan lagi, kedai Mbuk Su menjadi destinasi favorit warga Gresik untuk santapan nasi Krawu.

Walaupun kedainya sederhana, tidak dengan rasa sepiring nasi krawu, potongan daging sepiring nasi krawu Mbuk Su super gurih dan rasanya sangat sedap. Penasaran, kan? Langsung ke alamat Jalan Raden Santri Nomor 19, Kebungson, Gresik, yuk!

5. Nasi Krawu Bu Timan
Rasa lapar jadi hilang ketika menyantap sepiring nasi Krawu dengan isian daging sapi manis, srundeng kuning asin yang lezat. Paduan nasi hangat dengan potongan daging dan sambal terasi di kedai ini dijamin bikin ketagihan, deh.

Nah, selain Nasi Krawu, kamu bisa mencicipi menu lainnya seperti Nasi Rawon, Nasi Kare Ayam, Nasi Ikan Bandeng dan Soto Madura lho. Yuk, buruan ke kedai Bu Timan di Jalan Dr Wahidin SH Nomor 245, Dahanrejo, Kebomas, Gresik.

Belum ada Komentar untuk "Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel