SEJARAH ALS, BUS DENGAN TRAYEK TERJAUH LINTAS JAWA - SUMATRA

Gresikpost.id - PO Antar Lintas Sumatra (ALS) adalah sebuah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang didirikan di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra Utara, pada september 29 September 1966. Pada masa itu ALS memulai kiprahnya dengan membuka trayek dari Muara Sipongi, Kotanopan ke Medan.


ALS merupakan perusahaan otobus (PO) terbesar di pulau Sumatra dan memiliki trayek terjauh di Indonesia dengan rute Medan, Sumatra Utara, hingga Jember, Jawa Timur, dan juga melayani trayek ke banyak kota di pulau Sumatra dan pulau Jawa.

TRAYEK
Awal pendiriannya pada tahun 1966, ALS hanya melayani trayek Medan - Kotanopan. Lalu menyusul trayek Medan - BukitTinggi.

Pada tahun 1972, ALS membuka trayek ke berbagai kota di Sumatra, seperti ke Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Tanjung Karang (kini Bandar Lampung).

Pada tahun 1970-an, di mana kendaraan roda empat atau lebih belum bisa menyeberang ke pulau Jawa karena belum tersedianya kapal feri ro-ro, ALS sudah membuka trayek ke berbagai tujuan di pulau Jawa, namun dengan memakai jasa agen yang mengurus pemberangkatan penumpang dari pelabuhan Merak dengan menggunakan kendaraan (bus) lain.

Pada tahun 1980-an, ketika kendaraan roda empat atau lebih sudah bisa menyeberang ke Jawa dengan kapal feri ro-ro, ALS membuka trayek langsung dari berbagai kota di Sumatra menuju ke Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Menyusul kemudian trayek menuju Malang dan Jember, Jawa Timur.

Pada masa itu perjalanan bus terbilang cukup lama (3 - 5 hari perjalanan). Dan apabila ada masalah pada kendaraan di jalan, maka awak bus harus bisa mengatasinya. Untuk itu ALS selalu menggunakan awak bus yang memiliki pengetahuan teknis tentang kendaraan.

Tak puas hanya sampai pulau Jawa, perusahaan bus ini mulai menjejakkan rodanya di pulau Bali. Saat itu PO ALS mulai memperbaharui unit busnya. Bus yang dulunya didominasi warna oranye ini kemudian berubah dominasi warnanya menjadi hijau seperti sekarang.

LINTAS SUMATRA
Pada masa jaya angkutan bus jarak jauh, ribuan kilometer jalan raya lintas Sumatra, baik lintas timur maupun lintas tengah, diramaikan oleh ratusan bus yang dikelola oleh berbagai perusahaan. ALS dari Sumatra Utara dengan armada sekitar 400 unit bus merupakan raja jalanan di jalur lintas Sumatra bersama PMTOH dari Aceh, PO ANS, dan PO NPM dari Sumatra Barat, serta PO Gumarang Jaya dari Lampung.

(Dari berbagai sumber)

Belum ada Komentar untuk "SEJARAH ALS, BUS DENGAN TRAYEK TERJAUH LINTAS JAWA - SUMATRA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel