Pendaftar Zona Irisan PPDB SMA di Kabupaten Gresik Maksimal Dua Persen

Gresikpost.id - Pendaftar Zona Irisan PPDB SMA di Kabupaten Gresik Maksimal Dua Persen. Di antara enam zona yang sudah dibagi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gresik, terdapat tiga zona irisan. Artinya, para calon siswa baru dari luar daerah bisa mendaftar SMA/SMK di Kabupaten Gresik.

PPDB SMA di Kabupaten Gresik
PPDB SMA di Kabupaten Gresik

PPDB SMA di Kabupaten Gresik
PPDB SMA di Kabupaten Gresik

PPDB SMA di Kabupaten Gresik

Tiga wilayah irisan tersebut adalah zona I (Paciran, Lamongan); zona III (Krian dan Balongbendo, Sidoarjo); dan zona IV (Dawarblandong, Mojokerto). Nah, siswa-siswi dari luar daerah itu bisa mendaftar atau memilih SMA/SMK di Kabupaten Gresik sesuai zona.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gresik Puji Astuti menjelaskan, sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak) PPDB, maksimal sekolah bisa menerima siswa dari zona irisan sebanyak 2 persen dari total pagu. Jika kuota untuk zona irisan tidak ada alias kosong, pendaftar bisa dialihkan ke kuota zonasi atau reguler. ’’Itu sudah otomatis berjalan di website atau aplikasi,’’ ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kuota PPDB jalur online sebanyak 50 persen. Kuota online itu berdasar zona murni. Lalu, 20 persen berdasar prestasi akademis dari nilai hasil ujian nasional. Sisanya atau 30 persen diisi pendaftar dari jalur offline. Baik jalur prestasi, jalur inklusi, jalur keluarga tidak mampu, maupun jalur perpindahan orang tua (mutasi).

Para pendaftar kuota online memiliki kesempatan untuk memilih paling banyak dua sekolah. Karena sistem zonasi, sekolah yang dipilih wajib ada dalam zona sesuai dengan domisili calon peserta didik. Acuannya alamat di dalam dokumen kartu keluarga (KK). KK itu pun harus diterbitkan paling cepat enam bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

Jalur online memungkinkan calon siswa mendaftar dari mana saja. Syaratnya, sudah memiliki personal identification number (PIN). Siswa yang belum mempunyai PIN bisa mengambilnya di sekolah terdekat.

Belum ada Komentar untuk "Pendaftar Zona Irisan PPDB SMA di Kabupaten Gresik Maksimal Dua Persen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel